Tips Aman dan Nyaman Saat Mengemudi Mobil

  • Whatsapp

Di mana pun Anda berkendara, keselamatan tetap harus diutamakan. Termasuk ketika Anda berkeliling di kota Bandung yang cukup padat menggunakan mobil yang dibeli dengan kredit cicilan mobil bekas Bandung. Nah, agar kegiatan berkendara Anda selalu aman dan nyaman, ada baiknya jika Anda memerhatikan beberapa hal berikut ini:

Read More

1. Lakukan pengecekan kondisi mobil

Sebelum mulai berkendara, luangkan sedikit waktu untuk melakukan pengecekan sederhana pada bagian-bagian mobil. Hal ini dimaksudkan untuk memastikan bahwa kendaraan Anda berada dalam kondisi prima dan juga aman untuk dikendarai. Lantas, apa saja sih yang perlu dicek?

  • Mesin. Beberapa bagian mesin yang wajib Anda cek meliputi karburator, busi, klep dan lain sebagainya. Selain itu air radiator tidak boleh terlewatkan untuk selalu dilakukan pengecekan.
  • Ban. Cek apakah permukaan ban mobil Anda bebas dari retakan dan masih terlihat garis-garis yang jelas. Garis tersebut berfungsi sebagai anti selip sehingga ban tidak mudah tergelincir. Selain itu pastikan tekanan ban mobil Anda sudah sesuai dan tidak kempes.
  • Wiper. Lakukan pengecekan pada wiper mobil Anda. Jika gerakannya tersendat, lakukan perbaikan terhadapnya. Selain itu, jika wiper sudah tidak mampu mengusap kaca mobil, gantilah dengan yang baru agar dapat menghalangi percikan air dengan baik.

2. Berhati-hati

Tanamkan prinsip bahwa jalan raya adalah milik bersama. Untuk itu, setiap perjalanan harus disikapi dengan waspada. Sikap berhati-hati ini berguna agar Anda dapat mengurangi kejadian yang tidak terduga seperti kecelakaan. Salah satu sikap berhati-hati tersebut adalah menjaga jarak dengan kendaraan di depan.

3. Ciptakan Suasana yang Nyaman

Kini mobil memiliki fitur multimedia yang lengkap. Dengan demikian, Anda dapat memanfaatkannya untuk membuat suasana berkendara lebih bergairah. Namun, hindari penggunaan volume yang terlalu besar. Hal itu dikhawatirkan akan mengganggu konsentrasi Anda dalam berkendara. Selain itu, pilihan jenis lagu juga berpengaruh untuk menciptakan suasana yang mengasyikan.

4. Pastikan Tubuh Fit

Berkendara membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Jika Anda merasakan badan yang tidak fit, lebih baik tunda untuk mengendarai mobil. Badan yang tidak prima mengakibatkan konsentrasi berkurang. Lebih parahnya lagi, banyak kecelakaan di jalan yang berasal dari keadaan badan yang tidak fit.

Itulah cara-cara yang bisa diterapkan untuk mengemudi secara aman. Selain kendaraan, kondisi tubuh juga harus diperhatikan dengan baik. Mobil baru maupun bekas sama-sama memiliki risiko yang besar dalam menimbulkan kecelakaan. Oleh karena itu, tips-tips di atas dapat Anda terapkan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *