Otomotifreview

Pilih Mobil Bekas Jangan Sampai Salah, Ikuti 5 Tips Memilih Mobil Bekas Berikut Ini

Membeli mobil bekas tidak sama dengan membeli mobil baru. Ketika membeli mobil baru, Anda hanya perlu memilih merk, tipe, dan warna mobil. Sedangkan untuk membeli mobil bekas, Anda harus tahu dengan jelas kondisi mobil tersebut, mulai dari kondisi mesinnya, bodi mobilnya, interiornya, dan semua komponennya. Jual beli mobil bekas memang harus teliti.

Jika Anda bermaksud membeli mobil bekas dalam waktu dekat namun tidak tahu cara terbaik untuk memilihnya, berikut ini adalah tips memilih mobil bekas yang bisa Anda ikuti.

1. Cek kondisi mobil

Yang pertama adalah cek kondisi mobil. Anda tidak boleh melewatkan hal ini agar Anda tidak salah beli mobil. Jika Anda hanya memperhatikan aspek harga tanpa memperdulikan kondisi mobil, sangat mungkin bagi Anda membeli mobil yang sudah rusak dan butuh banyak perbaikan. Lakukan pengecekan dengan teliti agar Anda bisa mendapatkan mobil bekas dengan kualitas yang baik.

2. Cek kelengkapan dokumen

Yang kedua adalah cek kelengkapan dokumen. Tidak hanya kondisi mobil yang harus dicek, Anda juga perlu mengecek kelengkapan dokumennya, seperti STNK dan BPKB. Pastikan dokumen-dokumen penting ini ada.

Untuk STNK, Anda juga perlu memastikan pajaknya masih jalan. Jangan sampai Anda membeli mobil dengan harga murah namun pajaknya sudah mati beberapa tahun. Anda akan mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk hal ini. Belum lagi untuk biaya balik nama kepemilikan.

3. Cari tahu riwayat perawatan mobil

Yang ketiga adalah mencari tahu riwayat perawatan mobil. Tahukah Anda, dalam proses jual beli mobil bekas, Anda bisa menanyakan apakah mobil tersebut diservis secara rutin? Apakah pemilik mobil memiliki catatan lengkap terkait hal tersebut?

Jika pemilik memiliki catatan lengkap terkait riwayat perawatan mobil yang pernah dilakukan, ini bisa jadi nilai plus untuk Anda. Hal ini menandakan bahwa pemilik mobil tersebut rutin merawat mobilnya. Mobil yang dirawat dengan baik dan rutin tentunya memiliki performa yang baik pula.

4. Harga

Yang keempat adalah masalah harga. Sebagai pembeli, Anda tentunya menginginkan mobil bekas yang dijual dengan harga murah. Tidak ada yang salah dengan hal ini. Namun Anda sebaiknya waspada jika menemukan mobil bekas yang dijual dengan harga terlalu murah.

Tidak sedikit mobil bekas yang dijual dengan harga murah karena pernah mengalami kerusakan yang cukup parah, sebut saja kecelakaan atau terendam banjir. Jika Anda membeli mobil bekas kecelakaan atau mobil bekas banjir, bukannya untung karena Anda mendapatkan mobil dengan harga murah, Anda akan keluar lebih banyak uang untuk biaya servis dan perbaikan yang terus menerus.

Oleh karena itu, sebelum membeli mobil bekas, cari tahu dulu harga pasaran yang berlaku saat ini demi menghindari membeli mobil dengan harga terlalu mahal atau bahkan terlalu murah.

5. Bawa teman atau orang yang ahli mobil

Tips terakhir dalam memilih mobil bekas adalah dengan membawa teman atau orang lain yang sudah ahli urusan mobil. Terutama untuk Anda yang masih baru dalam dunia ini, membawa orang yang sudah ahli tentu tidak ada salahnya. Hal ini menjadi penting agar Anda tidak salah dalam memilih mobil bekas.

Nah, itulah 5 tips memilih mobil bekas yang bisa Anda terapkan. Memilih mobil bekas tidak hanya tentang mobil itu sendiri, namun juga tentang tempat Anda membelinya. Untuk Anda yang ingin membeli mobil bekas di tempat yang kredibel, terpercaya, dan memiliki banyak pilihan, Anda bisa membelinya di Garasi.id.

Garasi.id merupakan platform jual beli mobil bekas. Di sini, Anda bisa menemukan beragam mobil bekas dari berbagai merk, tipe, dan tahun keluaran. Anda pun bisa membelinya dengan sistem kredit, dengan pilihan kredit di perusahaan pembiayaan konvensional atau di perusahaan pembiayaan berbasis syariah.

Cara mengajukan kredit mobil bekas di Garasi.id sangat mudah. Anda hanya perlu mengunjungi laman Garasi.id, kemudian pilih Kredit Mobil, pilih mobil yang Anda inginkan, pilih partner kredit, lengkapi data yang dibutuhkan, setelah itu Anda tinggal menunggu dihubungi oleh pihak Garasi.id. Jika disetujui, mobil pilihan Anda sudah bisa Anda miliki dengan segera. Mudah sekali, kan?

About Author

Comment here