5 Tips Memilih Celana Bayi yang Nyaman

  • Whatsapp

5-tips-memilih-celana-bayi-yang-nyaman

Mempersiapkan perlengkapan bayi adalah salah satu ritual wajib yang dilakukan jauh-jauh hari sebelum lahirnya si buah hati. Selain dekorasi kamar, perlengkapan mandi, perlengkapan makan, perlengkapan yang tak boleh dilupakan adalah busana bayi. Tak hanya soal jumlah dan jenis busana yang Anda siapkan. Faktor kenyamanan adalah satu hal yang wajib dipahami ketika memilih busana untuk si buah hati, simak beberapa tips memilih busana bayi khususnya celana bayi yang nyaman berikut ini.

Read More

Perhatikan Jenis Bahan

Struktur kulit bayi yang lebih tipis dibandingkan kulit orang dewasa menyebabkan bayi lebih mudah mengalami iritasi kulit. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan kulit bayi adalah dengan memilih jenis bahan busana yang sesuai dengan kulit bayi. Meskipun bayi belum aktif bergerak, busana yang dikenakan haruslah nyaman serta memiliki kemampuan daya serap yang baik. Pilihlah celana bayi dari bahan katun atau kombinasi katun dan spandek. Bahan ini memiliki karakteristik bahan yang fleksibel, sejuk dan stretch dimana bisa membuat bayi bebas untuk bergerak dan meminimalisir iritasi pada kulit bayi.

Perhatikan Ukuran

Pahami stAndar ukuran busana bayi, berdasarkan usia, tinggi, atau berat badan. Karena si kecil pertumbuhannya cepat, usahakan pilih busana yang memiliki ukuran sedikit lebih besar, sebab busana yang sempit akan membuat bayi tidak nyaman. Pastikan agar busana mudah dikenakan dan dilepaskan. Kenyamanan bayi adalah prioritas utama.

Perhatikan Usia Bayi

Jangan asal lucu, untuk bayi yang baru lahir Anda harus lebih teliti lagi. Pilihlah celana yang sesuai, usahakan celana yang dipakaikan tidak mengenai daerah tali pusat. Dengan tujuan untuk mencegah timbulnya iritasi di daerah tali pusat bayi.

Perkembangan bayi pada umumnya melewati beberapa fase. Masing-masing fase membutuhkan perhatian yang lebih dari orang tua. Pemilihan celana bayi untuk bayi yang mulai menginjak fase merangkak harus lebih mengutamakan keselamatan bayi. Sebelum memilih celana yang trendy , pastikan pilih celana yang memiliki perlindungan lebih di bagian lutut, tidak terlalu ketat, dan berbahan tebal agar bayi tidak tergores ketika merangkak.

Perhatikan Cuaca

Pilihlah busana yang sesuai dengan cuaca. Anda tidak bisa pakaikan baju untuk musim panas di musim hujan. Di musim hujan, celana panjang lebih tepat dipakai untuk menghindari kedinginan dan melindungi bayi ruam karena cuaca.

Perhatikan Model/Aksesoris

Diketahui, pemilihan busana sangat mempengaruhi tumbuh kembang bayi, khususnya perkembangan motoriknya. Jadi, kalau busananya tidak tepat, tentu juga akan mempengaruhi gerak bayi yang berarti pula menghambat perkembangan motoriknya. Celana merupakan pilihan busana yang tepat karena tak menghambat gerak.

Jangan memilih celana dengan model karet elastis di bagian pinggang, paha, dan pergelangan kaki yang terlalu ketat. Karena, selain bisa berbekas di kulit bayi, juga dapat mengganggu aliran darah bayi. Pemilihan busana yang nyaman dan aman tentulah tak akan membahayakan bayi.

Pilihlah busana yang tidak memiliki aksesoris berlebihan seperti payet atau manik-manik. Bila payet, manik-manik terlepas dan tercecer ada kemungkinan benda itu tertelan, karena kebiasaan bayi yang suka memasukan benda ke dalam mulut.

Nah, itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam memilih busana untuk bayi khususnya celana bayi. Keselamatan dan kenyamanan bayi adalah hal yang harus diutamakan dalam proses tumbuh dan berkembangnya.

Meski menyenangkan dalam memilih pernak pernik busana bayi, jangan sampai Anda terlena. Sedikit berbelanja namun tepat fungsi akan menghindari boros lho. Untuk Anda para bunda yang ingin mendapatkan pilihan busana yang tepat untuk si kecil, Anda bisa cek terlebih dahulu beberapa rekomendasi busana bayi menarik di www.blibli.com.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *